Mengenal Sosok Andi Fahsar

Mencari seorang pemimpin tidak segampang mendapatkan seorang PENGUASA. Jika PEMINPIN senantiasa memikirkan kemaslahatan yang dipimpinnya, maka PENGUASA hanya memikirkan diri sendiri dan kelompoknya.

Seorang PEMIMPIN manakala yang dipimpinnya mengalami kesusahan atau permasalahan, ia berdiri di depan sambil menyapa Magaki Ana, Magaki Anri, Magaki Ambo, Magaki Indo, Magaki Selessureng, Magaki Puang, dan lain sebagainya.

Bupati adalah seorang pemimpin yang diamanahkan mengayomi seluruh rakyatnya tanpa pandang bulu.

Karena itu, untuk menjadi seorang Bupati tidak semudah membalik telapak tangan, ia harus berpikir cerdas disertai iman yang kuat.

Baik kita lanjut, bagaimana wajah kepemimpinan di Kabupaten Bone? Apakah sudah sesuai hal-hal tersebut di atas?

Bone sampai saat ini pernah dipimpin sebanyak 32 raja dan sebanyak 16 kepala daerah / bupati. Namun saya tidak mengulas di sini, mengapa disebut raja dan siapa rajanya, kepala daerah dan siapa kepala daerahnya, bupati dan siapa bupatinya. Yang jelas mereka semua diamanahkan sebagai pemimpin.

Namun, secara spesifik saya akan menyinggung sedikit bagaimana sosok dan watak SEORANG ANDI FAHSAR memimpin Bone kurun waktu lima tahun terakhir selaku kepala daerah periode 2013-2018.

ANDI FAHSAR, adalah seorang anak yang lahir dari rahim suci Bunda 21 Juni 1963 ditasbihkan untuk kelak menjadi seorang Pemimpin dan terbukti anak ini bisa menjadi seorang Bupati.

ANDI FAHSAR, adalah seorang anak sejak kecil ditempa oleh orang tuanya bagaimana mengarungi hidup dan hingga beranjak dewasa, terbukti sang putra ternyata mampu menemukan jati dirinya.

ANDI FAHSAR, adalah orang yang mampu memamfaatkan dan mengolah potensi diri yang dianugerahi Allah, terbukti sang putra mampu jadi pemimpin

ANDI FAHSAR, adalah orang yang tidak jemu menuntut ilmu, sehingga memiliki kecerdasan intelektual, terbukti sang putra mampu menyandang doktor

ANDI FAHSAR, adalah orang yang tekun dengan semangat tinggi, sehingga memiliki kecerdasan emosional, terbukti sang putra mampu mengendalikan dan memotivasi diri untuk mengatasi persoalan dalam kehidupan sehari-hari.

ANDI FAHSAR, adalah orang yang mempunyai kecerdasan spritual pendekatan diri kepada Allah, sehingga akhlak dan agama di kedepankan, terbukti selama memimpin Bone sang putra banyak melakukan gebrakan mengajak kita memakmurkan masjid, Subhanallah.

ANDI FAHSAR, adalah sosok yang rendah diri dengan tutur bahasa yang santun, tetap memegang teguh pada nilai budayanya sebagai orang Bone, terbukti selama dalam memimpin Bone senantiasa mengedepankan budaya sipakatau, sipakalebbi, sipakainge dalam bingkai sumange teallara.

ANDI FAHSAR, adalah orang yang berkemampuan afektif, sehingga bisa menerima saran dan pendapat, bahkan tak segan bertanya kepada siapapun apabila terdapat sesuatu yang tidak dipahaminya.

ANDI FAHSAR, adalah orang yang tak pernah menyombongkan diri, tak pernah mengakui prestasi dan keberhasilannya selama memimpin Bone, namun ia bangga atas peran dan sumbangsih serta kerja sama seluruh warga Bone.

ANDI FAHSAR, adalah sosok yang lemah lembut, bermata hati silompoe, terbukti mampu melihat, mendengar, dan merasakan apa yang dirasakan oleh rakyatnya.

Oleh karena itu, saya sebagai rakyat biasa menitip pesan kepada sang putra ANDI FAHSAR MAHDIN PADJALANGI … izinkan aku memilihmu … lanjutkan perjuangan … membangun Bone tanah sumange … menjadi BONE YANG BERIMAN DAN MANDIRI… Semoga Allah SWT tetap melimpahkan segala rahmat-Nya kepada kita semua. Amin.

Dari : SUMANGE TEALLARA